Getting My pembagian harta gono gini To Work

Wiki Article

Membuat perjanjian perkawinan sangat penting untuk rasa keadilan, serta tidak akan merugikan kedua belah pihak. Perjanjian pisah harta sendiri turut diatur dalam UU Perkawinan tepatnya pada pasal 29.

Jika sekiranya sulf ataupun ‘urf tidak ada, maka pembagian harta gono-gini bisa dilakukan dengan menjadi qadha sebagai acuan.

Harta bawaan merupakan harta yang dimiliki oleh suami atau istri sejak sebelum perkawinan, misalnya hadiah atau warisan dari orangtua dan apabila hendak mengambil tindakan atas harta tersebut, tidak membutuhkan persetujuan pasangannya.

Dengan demikian, pembagian harta gono-gini atau harta bersama dapat ditempuh melalui putusan pengadilan agama atau melalui musyawarah.

Harta gono-gini adalah harta yang dihasilkan suami istri selama masa perkawinan dan aturan pembagiannya tercantum dalam undang-undang.

Pada dasarnya, akta cerai menjadi salah satu syarat pengajuan gugatan gono-gini. Pengajuan secara langsung atau menunggu hasil cerai sebaiknya didiskusikan dengan pasangan dan penasihat hukum Anda.

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara free of charge dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel more info ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.

Dalam pembagian harta gono-gini setelah adanya putusan perceraian yang diputuskan oleh Pengadilan Agama, notaris memiliki suatu peran yang penting.

Jika berdasarkan Undang-Undang Perkawinan, pembagian harta gono gini akan dilakukan secara adil yaitu ½ dari keseluruhan harta bersama yang ada. Namun ketika suami berselingkuh dan tidak bisa memenuhi kewajibannya seperti memberikan nafkah, maka hakim bisa saja mempertimbangkan besaran jumlah harta gono gini yang diberikan pada suami tidak bisa dibagi rata sesuai dengan aturan UU Perkawinan.

Sebenarnya tidak ada batasan waktu kapan Anda harus mengajukan tuntutan harta gono gini. Anda bahkan bisa mengajukan hal tersebut setelah proses perceraian atau setelah resmi bercerai.

Berbeda dengan pasutri yang bukan beragama Islam, menurut Neng, tidak bisa dilakukan penggabungan sidang cerai dan harta gono gini. Sebab, mereka tunduk pada ketentuan Herzien

Evaluasi Nilai Harta: Selanjutnya, lakukan evaluasi terhadap nilai masing-masing harta bersama. Hal ini dapat melibatkan penilaian properti oleh profesional atau penilaian aset finansial oleh ahli keuangan.

Namun, masih banyak orang juga yang belum benar-benar paham mengenai hal ini sehingga pembagian harta gono harta gono gini gini dilakukan ketika proses perceraian atau setelah resmi bercerai.

Report this wiki page